Jumat, 08 Juli 2011

cara membuat layang-layang unik


sebelu memulai untuk membuat layang-layang sebaiknya Persiapkan bahan-bahan berikut:



1 potong bambu tipis dengan lebar +/- 1 cm dan panjang +/- 80 cm,
1 potong bambu tipis dengan lebar +/- 1 cm dan panjang +/- 40 cm,
Kertas tissue atau kertas minyak dengan ukuran sesuai dengan ukuran bambu,
Spidol,
Pita gulungan agak tebal,
Tali atau benang,
Gunting,
Isolasi,
Meteran

setelah semua bahan-bahan tersedia, maka kita dapat memulai untuk membuat layang-layang. adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

pertama, Letakkan kedua bambu secara menyilang dengan titik pertemuan pada 1/3 dari bambu yang paling panjang Rekatkan kedua bambu tersebut dengan menggunakan tali atau benang.

lalu, Ikat dan hubungkan ke empat ujung bambu dengan tali atau benang hingga membentuk
wajik.Sekarang rangka layang-layang selesai, lalu letakkan rangka layang-layang tersebut diatas kertas.

setelah itu, Tandai kertas tersebut dengan spidol sehingga mengikuti bentuk rangka layangan.
Tambahkan ekstra 2.5 cm untuk garis potongan.

lalu, Gunting kertas tersebut mengikuti garis potongan.

lalu, Lipat bagian kertas kearah belakang, lalu rekatkan pada rangka dengan menggunakan isolasi.

lalu, Untuk keseimbangan, tambahkan ekor dari tali atau benang sepanjang sekitar 1 meter, ikatkan pada bagian bawah layang-layang Langkah, tambahkan guntingan kertas untuk memperindah.

nah ini yang terakhir, Buatlah lubang di tengah-tengah layangan (dekat dengan tempat penyilangan bambu rangka) masukkan tali atau benang layangan ke lubang dan ikatkan ke titik persilangan, lalu ikatkan ujung yang lain ke ujung bawah rangka layangan ( panjang tali sekitar 90cm)

sudah jadi deh layag-layang yang unik buatan tangan sendiri. sekarang tinggal mencoba untuk menerbangkannya. selamat mencoba.

2 komentar:

  1. Anak-anak Anda suka bermain layangan?Atau mungkin keponakan anda atau bahkan Anda sendiri?Dalam kesempatan ini saya akan menulis tentang Cara Membuat Kupu-kupu (Kupon-kupon) Sebagai 'Accsessories' Layangan. Anda tahu kupu-kupu (kupon-kupon) ? Kupu-kupu atau yang biasa orang jawa sebut kupon-kupon yaitu accsessories layangan besar ( biasanya layangan "ulan-ulan' atau 'puter panggung') yang berbentuk seperti kupu-kupu yang dipasang pada benang/senar kemudian ketika tertiup angin kupu-kupu tersebut ikut naik ke atas mengikuti alur benang/senar setelah sampai di atas kupu-kupu tersebut menabrak kayu kecil yang sudah dipasang pada senar untuk menjatuhkan kertas kecil-kecil yang dibawanya sekaligus menutup 'sayap'nya. Lalu karena sayapnya tertutup kupu-kupu pun langsung meluncur lagi ke bawah. Anda ingin tau cara membuatnya? pelajari cara membuatnyadi sini

    BalasHapus
  2. muantapp....coba buat ngajar besok deh

    BalasHapus